TRI , LESTARI (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTARCT.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1779Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1330Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Teknik analisis data menggunakan analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruk, substansi dan bahasa. Secara keseluruhan, rata-rata nilai validasi instrumen asesmen keterampilan berpikir kritis mendapat nilai sebesar 87,7 dengan kriteria sangat valid. Oleh karena itu, instrumen asesmen untuk mengukur keterampilan berpikir kritis ini diuji cobakan kepada 100 siswa dan dianalisis menggunakan model rasch berbantuan ministep 5.8.0. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 25 butir soal instrumen asesmen keterampilan berpikir kritis dinyatakan valid. Soal-soal pada instrumen asesmen keterampilan berpikir kritis dinyatakan reliabel dengan nilai alpha cronbach sebesar 0,86 dengan kategori sangat bagus. Uji kepraktisan instrumen asesmen penilaian ini dengan rincian ketiga aspek memperoleh rata-rata sebesar 89,0 dengan kategori sangat praktis. Produk akhir dari instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata Kunci: Instrumen asesmen, keterampilan berpikir kritis.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2308930177 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:56 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2025 06:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86187 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |