ANDINI , AYU LESTARI (2025) ILOKUSI ASERTIF PADA SINIAR AKBAR FAIZAL UNCENSORED DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2491Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2303Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menganalisis ilokusi asertif dalam siniar Akbar Faizal Uncencored pada dua episode siniar. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ilokusi asertif berdasarkan kelangsungan serta implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah metode heuristik. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu tayangan video dalam siniar Akbar Faizal Uncencored. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung ilokusi asertif dengan fungsi komunikatif menyatakan, mengusulkan, mengeluh, menuntut, melaporkan, membanggakan, dan memberitahu berdasarkan kelangsungannya. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 108 data ilokusi asertif yang ditemukan dalam penelitian ini. Fungsi komunikatif menyatakan paling banyak ditemukan pada siniar Akbar Faizal Uncencored. Sebaliknya, fungsi komunikatif mengusulkan paling sedikit ditemukan pada siniar Akbar Faizal Uncencored. Penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI materi teks drama pada fase F. Penelitian ini dimanfaatkan sebagai contoh bahan ajar dalam teks drama dengan tujuan memahami kelangsungan dalam suatu tuturan teks drama. Kata kunci: ilokusi asertif, kelangsungan, siniar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308156773 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:57 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2025 06:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86189 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |