PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL TEKS BERITA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII

Fadilla Chintiya, Dewi (2025) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL TEKS BERITA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Updated Version

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL TANPA LAMPIRAN.pdf - Updated Version
Restricted to Hanya staf

Download (2759Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf - Updated Version

Download (2468Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk modul digital pada pembelajaran teks berita berbasis problem based learning untuk peserta didik kelas VII, mendeskripsikan kelayakan produk yang telah dikembangkan, dan mengetahui keefektifan produk dalam pembelajaran teks berita. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan Borg dan Gall yang dilaksanakan dengan tahap, yaitu 1) melakukan studi pendahuluan untuk menganalisis masalah dan potensi pemecahan masalah, 2) mengumpulkan data, 3) mendesain produk dengan menyusun produk awal modul digital, 4) memvalidasi produk ke ahli, 5) merevisi produk modul digital berdasarkan saran dari para ahli, 6) menguji coba modul digital kepada peserta didik, dan 7) uji keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bahan ajar berbentuk modul digital teks berita berbasis problem based learning untuk peserta didik kelas VII dapat disusun menggunakan tujuh tahapan pengembangan Borg dan Gall, 2) bahan ajar tersebut sangat layak digunakan dalam pembelajaran teks berita kelas VII SMP sesuai hasil validasi ahli media dengan skor 98% (sangat layak), ahli materi 84% (sangat layak), serta praktisi 92% (sangat layak), dan 3) bahan ajar tersebut terbukti efektif untuk membantu proses pembelajaran berdasarkan hasil uji keefektifan dengan nilai rerata prates 66, pascates 83 dan rerata N-gain 0,65 berkategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan efektif untuk digunakan pada pembelajaran teks berita di kelas VII karena berhasil meningkatkan hasil pembelajaran. Kata kunci: bahan ajar, modul digital, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa
400 Bahasa > 410 Linguistik
600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 603 Kamus, ensiklopedi, konkordansi
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2308607283 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:03
Terakhir diubah: 17 Apr 2025 07:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86196

Available Versions of this Item

  • PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL TEKS BERITA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII. (deposited 17 Apr 2025 07:03) [Currently Displayed]

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir