PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

I WAYAN , WIDYA WEDANA (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTARCT.pdf

Download (220Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3624Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2916Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis problem based learning berbantuan android yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian pengembangan ini adalah 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan dengan menggunakan penilaian terhadap validitas, uji kepraktisan yang dilihat berdasarkan kemudahan dari perspektif guru dan kemudahan dari respon peserta didik, uji keefektifan yang dilaksanakan dengan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini dinyatakan valid yang ditunjukkan dengan valid kontruk dengan rata-rata sebesar 3,64 dengan klasifikasi sangat valid dan valid konten sebesar 3,57 dengan klasifikasi sangat valid. Hasil uji kepraktisan menyatakan bahwa e-LKPD mudah digunakan didalam pembelajara yang ditunjukkan dengan hasil uji persepsi guru dengan rata-rata sebesar 90 % dengan klasifikasi sangat baik dan uji respon peserta didik dengan rata-rata sebesar 79 % dengan klasifikasi sangat baik. Hasil uji keefektifan menyatakan e-LKPD berbasis problem based learning berbantuan android efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dapat dilihat dari hasil uji N-gain denga skor sebesar 0,56 dengan klasifikasi sedang. Kata kunci : Android, e-LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308115083 . Digilib
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:58
Terakhir diubah: 17 Apr 2025 06:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86198

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir