UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL SD NEGERI 2 SUKARAJA KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012

, ZANARIAH (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL SD NEGERI 2 SUKARAJA KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengeshan.pdf - Published Version

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar Isi.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (177Kb) | Preview
[img] Text
BAB Iv.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (245Kb)

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada kelas V SD Negeri 2 Sukaraja Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran, secara umum siswa mengalami kesulitan memahami konsep IPS, karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang variasi dan tidak menggunakan media. Selain itu, dalam penyampaian pembelajaran IPS juga masih terpisah-pisah dengan mata pelajaran yang lain. Sehingga pemahaman siswa tentang pembelajaran IPS menjadi rendah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar melalui media gambar pada pelajaran IPS bagi siswa kelas V SDN 2 Sukaraja. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subjek Tindakan Penelitian ini adalah siswa kelas V semester ganjil tahun ajaran 2011-2012 sebanyak 27 siswa laki-laki 12 dan perempuan 15. Hasil pembelajaran setiap siklus mengalami peningkatan yaitu siklus I hasil belajar adalah 57,37. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 68,70, Siklus ke III meningkat 71,85. Penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan media gambar menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa lebih jelas. Kata Kunci: Media Gambar, Aktivitas Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 03 Feb 2014 02:41
Last Modified: 03 Feb 2014 02:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item