FADHILAH , OKTAVIYANTI (2025) IMPLEMENTASI INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN LEVEL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3641Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2372Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penggunaan instrumen Assessment for Learning pada pembelajaran berbasis proyek dan mendeskripsikan setiap level kemampuan berpikir kritis yang dicapai peserta didik yang dipengaruhi oleh Assessment for Learning pada pembelajaran berbasis proyek. Sampel kuantitatif pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X.1 di MAN 1 Lampung Tengah tahun ajaran 2024/2045 semester genap. Sedangkan, sampel kualitatif yang digunakan adalah sebanyak satu peserta didik dari tiap level kemampuan berpikir kritis yang terukur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian campuran (Mixed Method) dengan desain penelitian Explanatory Sequential Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penggunaan instrumen AfL pada pembelajaran fisika berbasis proyek, kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat. Hal ini terlihat dari hasil uji perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest menggunakan Paired Sample T-Test yang menunjukkan bahwa nilai sig. < 0,05. Peningkatan kemampuan berpikir kritis didukung dengan dilakukan perhitungan N-Gain berada pada kriteria sedang. Level kemampuan berpikir kritis peserta didik yang terukur terdiri dengan 5 tingkatan dengan deskripsi yang berbeda-beda, yaitu level 4 memenuhi 5 indikator kemampuan berpikir kritis, level 3 memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kritis, level 2 memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis, level 1 memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kritis, dan level 0 memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: Assessment for Learning, Level Kemampuan Berpikir Kritis, PjBL.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2308140507 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:12 |
Terakhir diubah: | 17 Apr 2025 07:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86202 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |