Samuel , Turnip (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENGENALAN LINGKUNGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG DITINJAU DARI PERSEPSI PROFESI GURU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2736Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2433Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya minat mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung untuk menjadi guru diduga dipengaruhi oleh faktor kompleks seperti apresiasi masyarakat yang rendah, prospek karir terbatas, dan ketidakseimbangan beban kerja dengan upah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi profesi guru, efikasi diri, dan pengenalan lingkungan persekolahan (PLP), baik secara parsial maupun simultan terhadap minat untuk menjadi guru mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung dalam mempersiapkan diri menjadi seorang guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan survei. Sampel yang digunakan sebanyak 88 orang dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan lingkungan persekolahan, persepsi profesi guru memberikan pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat menjadi guru. Sementara efikasi diri memiliki pengaruh secara langsung terhadap persepsi dan minat menjadi guru secara negatif dan secara tidak langsung efikasi diri memiliki pengaruh negatif terhadap minat menjadi guru. Jika dilihat dari data ketiga variabel memiliki pengaruh sebesar 71% sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Efikasi Diri, Minat Menjadi Guru, Pengenalan Lingkungan Persekolahan, Persepsi profesi guru.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308098725 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 04:53 |
Terakhir diubah: | 21 Apr 2025 04:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86346 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |