M. NAZALI ROMADHON, HAFILD (2025) PENGEMBANGAN LKPD IPAS BERBASIS STEAM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
THESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2872Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
THESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1790Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan yang ditemukan oleh peneliti dalam pembelajaran IPAS di kelas IV sekolah dasar masih rendahnya literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi peserta didik. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan, didapatkan temuan terbatasnya bahan ajar yang tersedia disekolah yang dapat meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis STEAM-PjBL untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain penelitian Embedded experimental method. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D yang terdiri define, design, development dan disseminate. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) angket; (2) observasi; (3) soal; (4) Instrumen asesmen kinerja; (5) pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data campuran atau mixed method. Penelitian ini menghasilkan LKPD IPAS berbasis STEAM-PjBL yang dapat meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi. Hasil uji validasi yang dilakukan LKPD IPAS berbasis STEAM-PjBL dinyatakan valid baik dari segi media, bahasa maupun materi. Hasil uji kepraktisan dan kelayakan dinyatakan bahwa LKPD IPAS berbasis STEAM-PjBL praktis untuk digunakan. Sedangkan hasil uji efektivitas yang dilakukan didapat temuan bahwa LKPD IPAS berbasis STEAM-PjBL untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan berpikir komputasi dinyatakan efektif.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | 2308430037 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:54 |
Terakhir diubah: | 21 Apr 2025 08:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86382 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |