PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP ASAM-BASA ANTARA PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN GUIDED DISCOVERY SISWA KELAS XI IPA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

0813023012, Ulivina Pratini (2012) PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP ASAM-BASA ANTARA PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN GUIDED DISCOVERY SISWA KELAS XI IPA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. abstrak.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. cover dalam.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. penyetujuan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (140Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran kimia yang digunakan masih menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah (konsep diberikan langsung oleh guru). Hal tersebut belum mem- bimbing siswa untuk lebih memahami konsep asam basa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dirancang pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran guided discovery pada materi pokok asam basa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui perbedaan pengua- saan konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry dengan model pembelajaran guide discovery. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA AL-Kautsar Bandar Lampung tahun ajaran 2011/ 2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 44 orang siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran guided inquiry dan 44 orang siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran guided discovery. Penelitian ini menggunakan rancangan The Matching-Only Posttes-Only group Design. Variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model guided inquiry dan guided discovery. Variabel terikat yaitu penguasaan konsep Asam-Basa siswa. Data penguasaan konsep yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan pembelajaran guided inquiry menunjukkan penguasaan konsep Asam-Basa yang lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran guided discovery. Kata kunci : penguasaan konsep, model pembelajaran guided inquiry, model pembelajaran guided discovery.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 21 Apr 2015 07:57
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8640

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir