REZA, TRIJAYANTI (2025) ANALISIS DAYA SAING EKSPOR KOPI INDONESIA DI PASAR GLOBAL TAHUN 2020-2023. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1852Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1170Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kopi merupakan komoditas hasil perkebunan yang telah diperdagangkan secara luas dalam pasar global. Dalam tahun 2020-2023 terakhir, Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor kopi terbesar setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis daya saing komoditas kopi Indonesia dalam pasar global dan peran pemerintah Indonesia dalam meningkatkan ekspor komoditas kopi Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Keunggulan Komparatif oleh David Ricardo dan metode perhitungan Revealed Comparative Advantage (RCA) oleh Bela Balassa sebagai alat ukur untuk menghitung dan menganalisis daya saing kopi Indonesia. Hasil temuan RCA menunjukkan bahwa nilai daya saing kopi Indonesia cukup kuat dan pemerintah Indonesia telah menerapkan peraturan dan kebijakan melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, serta menjalin kerja sama dengan sektor swasta melalui sinergi hulu hingga hilir, menerbitkan kebijakan standarisasi sebagai upaya mendukung peningkatan ekspor komoditas kopi Indonesia. Kata Kunci: Daya Saing; Ekspor Kopi; Revealed Comparative Advantage (RCA)
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional |
Pengguna Deposit: | 2308255658 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 01:40 |
Terakhir diubah: | 22 Apr 2025 01:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86406 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |