EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Ummi, Nur Syofiyah (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
abstrak - ummi nur syofiyah.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi-Ummi Nur Syofiyah NPM 1913023007 - ummi nur syofiyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan - ummi nur syofiyah.pdf

Download (3369Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pringsewu tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil meng- gunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, sedangkan kelas ekperimen menggunakan model discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Data penelitian dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata nilai n-gain penguasaan konsep kelas kontrol dan kelas ekperimen serta rata-rata n-gain penguasaan konsep kelas ekperimen ber- kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: discovery learning, penguasaan konsep, larutan penyangga

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 May 2025 03:53
Terakhir diubah: 05 May 2025 03:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86560

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir