SHOLEA, MUTIARA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1 Abstrak Skripsi_Sholea Mutiara - sholea mutiara.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
3 Skripsi Ful Tanpa Lampiran - sholea mutiara.pdf Restricted to Hanya staf Download (2583Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
2 Skripsi Tanpa Pembahasan (2) - sholea mutiara.pdf Download (2646Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learningpembelajaran fluida dinamis terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Menggala. Sampel diambil dengan teknikcluster random sampling dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Analisis data diuji menggunakan analisis n-gain, uji independent sample t-test, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,75 Dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil dari uji independent sample t-test,asymp. sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 sehingga dinyatakan terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji effect size diperoleh nilai cohen's sebesar 1,63 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan model PBLmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci:Problem Based Learning, Fluida Dinamis, Kemampuan Berpikir Kritis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 05 May 2025 09:40 |
Terakhir diubah: | 05 May 2025 09:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86602 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |