PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 11 METRO PUSAT

HIDAYATULLAH , - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 11 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK -HIDAYATULLAH.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - HIDAYATULLAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1769Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - HIDAYATULLAH.pdf

Download (1945Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SD Negeri 11 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas v SD Negeri 11 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan populasi sebanyak 60 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes berupa observasi. Hasil analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan diperolehnya hasil thitung > ttabel yaitu 2,225 > 1,703 dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05 yang menunjukan terdapat pengaruh pada penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2023/2024. Kata Kunci : hasil belajar ipas , metode mind mapping The problem in this research was the low thematic learning outcomes of class V students at SD Negeri 11 Metro Pusat. The aim of this research was to analyze the effect of using the mind mapping method on the science and science learning outcomes of class v students at SD Negeri 11 Metro Pusat. This type of research was a quasi experimental design with a nonequivalent control group. This study used a saturated sample technique with a population of 60 students. The data collection technique used testing and non-testing in the form of observation. The results of data analysis using a simple linear regression test show that there was an influence from the use of the method on learning outcomes as evidenced by the results obtained t_count > t_table, namely 2.225 > 1.703 with a significance value of 0.03 < 0.05, which means there was an influence on the use of the mind mapping method on the results. learning science and science for class V students at SD Negeri 11 Metro Pusat for the 2023/2024 academic year. Keywords: learning results of natural and social sciences, mind mapping method

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 06 May 2025 08:03
Terakhir diubah: 06 May 2025 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86643

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir