PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalianda Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024)

RAMZI, ABYAN (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalianda Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Ramzi Abyan.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Ramzi - Ramzi Abyan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (720Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Ramzi Tanpa Bab Hasil dan Pembahasan - Ramzi Abyan.pdf

Download (682Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalianda semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas yaitu IX.1 sampai IX.10 secara heterogen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan terpilih siswa kelas IX.1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan IX.2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, pengaruh, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 06 May 2025 09:11
Terakhir diubah: 06 May 2025 09:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86664

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir