SELVI , NUR KHOTIMAH (2025) PENGARUH METODE MENGAJAR BERVARIASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2698Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2360Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil belajar siswa merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari metode mengajar bervariasi dan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dengan minat belajar sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif serta pendekatan survei dan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik probability sampling menggunakan simple random sampling dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel berjumlah 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi nilai STS dan penyebaran kuesioner secara langsung menggunakan google form. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dan uji F yang diolah dengan program SPSS versi 26. Hasil dari pengolahan data yang dilakukan diperoleh Fhitung = 42,178 dan Ftabel = 2,79 yang berarti Fhitung > Ftabel dengan kadar determinasi sebesar 0,725 sehingga penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh metode mengajar bervariasi, media pembelajaran interaktif dan minat belajar sebesar 0,725 atau 72,5%, sedangkan sisanya sebesar 27,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Interaktif, Metode Mengajar Bervariasi, Minat Belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308777116 . Digilib |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:06 |
Terakhir diubah: | 08 May 2025 03:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86679 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |