PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERORIENTASI PENGUASAAN KONSEP

NILA , KHUSNIYAH (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERORIENTASI PENGUASAAN KONSEP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - nila khusniyah.pdf

Download (749Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - nila khusniyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1322Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - nila khusniyah.pdf

Download (417Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, validitas, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap e-modul interaktif berbasis multipel representasi pada materi kese- timbangan kimia berorientasi penguasaan konsep yang dikembangkan. Desain pe- nelitian pengembangan menurut Borg & Gall (Sukmadinata, 2015) yang dilaku- kan sampai tahap kelima yakni revisi hasil uji coba. Instrumen yang digunakan ialah angket validasi ahli, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Karakteristik e-modul ini yaitu interaktif, berbasis multipel representasi yang disertai dengan gambar, animasi dan video; terdapat kolom jawaban yang dapat diisi; serta soal evaluasi interaktif. Hasil validasi ahli dan tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan serta hasil tanggapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan memiliki kriteria sa- ngat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka e-modul interaktif berbasis multipel representasi yang dikembangkan valid, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Kata kunci: e-modul interaktif, multipel representasi, kesetimbangan kimia, penguasaan konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 09 May 2025 02:38
Terakhir diubah: 09 May 2025 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86904

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir