ANALISIS KETERAMPILAN PENDIDIK ABAD 21 MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Lidya , fransiska (2024) ANALISIS KETERAMPILAN PENDIDIK ABAD 21 MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK LIDYA - Lidya Fransiska.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI LIDYA TANPA LAMPIRAN - Lidya Fransiska.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1567Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI LIDYA TANPA PEMBAHASAN - Lidya Fransiska.pdf

Download (1430Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah kurangnya penguasaan keterampilan abad 21 (4C) yang dimiliki pendidik pada penerapan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran. Berdasarkan keadaan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan abad 21 bagi pendidik, hambatan serta solusi untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan keterampilan abad 21 pada implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri se Gugus Mawar II. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik kelas empat di SD Negeri se Gugus Mawar II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian pendidik telah mampu menerapkan keterampilan 4C di dalam pembelajaran pada kurikulum. Adapun pendidik yang belum mampu menerapkan keterampilan 4C disebabkan adanya beberapa hambatan antara lain kesulitan dalam menerapkan beberapa keterampilan seperti keterampilan kolaborasi dan keterampilan kreativitas karena kurangnya fasilitas sarana dan prasarana dan lain sebagainya. Solusi yang diberikan oleh pendidik yaitu semaksimal mungkin menggunakan fasilitas yang ada di sekolah yang tersedia, pendidik memberikan dorongan dengan kreativitas, membentuk peserta didik menjadi kelompok-kelompok kecil sehingga peserta didik mempunyai peran yang sama dan adil. Kata Kunci: keterampilan abad 21, kurikulum merdeka

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 09 May 2025 03:25
Terakhir diubah: 09 May 2025 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86920

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir