PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO SCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 METRO SELATAN

Batrisya, Aulia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO SCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Batrisya Aulia.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL BATRISYA - Batrisya Aulia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1197Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN BATRISYA - Batrisya Aulia.pdf

Download (1050Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas V sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan data persentase ketuntasan nilai peserta didik di kelas V A dan V B, yaitu hanya 44% dan 32%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis video scribe terhadap hasil belajar pelajaran IPS peserta didik kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah penelitian menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis teknik sampling jenuh yaitu teknik pengambilan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan jumlah 50 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dan non tes berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana, Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis video scribe terhadap hasil belajar pelajaran IPS peserta didik kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Kata Kunci: hasil belajar IPS, problem based learning, video scribe

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 09 May 2025 04:12
Terakhir diubah: 09 May 2025 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86935

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir