Ayu, Febrina Mutiara Ad’ha (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT RIGHT LEVEL PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (332Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2275Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1115Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan teaching at right level pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model discovery learning dengan pendekatan teaching at right level dan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata n-gain dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain KPS di kelas eksperimen sebesar 0,75 lebih tinggi daripada rata-rata n-gain KPS di kelas kontrol sebesar 0,4. Serta kelompok rendah dan tinggi pada kelas eksperimen memiliki n-gain berkategori sedang atau tinggi. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada n-gain KPS kelas eksperimen dengan n-gain KPS kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning dengan pendekatan teaching at right level pada materi kesetimbangan kimia efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: discovery learning, efektivitas, kesetimbangan kimia, keterampilan proses sains, pendekatan teaching at right level
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308401734 . Digilib |
Date Deposited: | 20 May 2025 02:23 |
Terakhir diubah: | 20 May 2025 02:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87125 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |