EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Intan , Trio Oktaviana (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Intan Trio.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Intan Trio.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1997Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN-1 - Intan Trio.pdf

Download (1871Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem-based learning berbasis etnosains guna meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi titrasi asam basa. Penelitian menggunakan desain pretest-postest control grup. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling didapatkan sampel dalam penelitian yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata (uji-t), rata-rata n-Gain kemampuan berpikir lancar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,44 dengan kriteria "sedang", sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,19 yang kriteria "rendah". Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,83 dengan kriteria “besar” menunjukkan bahwa 95% tingginya kemampuan berpikir lancar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran dengan model problem-based learning berbasis etnosains. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model problem-based learning berbasis etnosains efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa dengan pengaruh besar. Kata kunci: etnosains, kemampuan berpikir lancar, problem-based learning, titrasi asam basa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 16 May 2025 02:02
Terakhir diubah: 16 May 2025 02:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87138

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir