IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

RESTI, UMI MELINDA (2025) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1291Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1974Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV karena pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment design) dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Triharjo dengan jumlah 54 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dari populasi dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil Fhitung ≥ Ftabel (54,17 ≥ 4,26), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Triharjo.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308100672 . Digilib
Date Deposited: 20 May 2025 08:58
Terakhir diubah: 20 May 2025 08:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87175

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir