PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA ASSEMBLER EDU TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP

Nurul , Hidayah (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA ASSEMBLER EDU TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Nurul Hidayah - Nuy Uy.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Nurul Hidayah - Nuy Uy.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2027Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Tanpa Pembahasan_Nurul Hidayah - Nuy Uy.pdf

Download (1744Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada model PBL berbantu media Assembler edu terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VII pada materi interaksi antar makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental) dengan desain pada penelitian ini menggunakan pretest-posttest equivalent. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 peserta didik yang terbagi ke dalam kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes berbentuk pilihan jamak untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik. Selain itu diberikan juga angket sebagai data pendukung yang berisi pertanyaan mengenai respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan media Assembler edu. Data dianalisis secara statistik menggunakan Uji Mann Whitney-U pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Uji Mann Whitney-U terhadap nilai N-Gain menunjukkan hasil Sig.(2- tailed) 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantu media Assembler edu terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VII. Hasil angket respon siswa yang diperoleh mendapatkan persentase 87,4% yang dikategorikan sangat baik. Kata kunci : Problem Based Learning, Assembler edu, Kemampuan Literasi Sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 16 May 2025 08:02
Terakhir diubah: 16 May 2025 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87180

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir