Rois Sujimat, 1113053101 (2015) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IVB SD NEGERI 08 METRO SELATAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (382Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (600Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian dilatarbelakangi dari hasil observasi pada mata pelajaran IPS di kelas IVB SD Negeri 08 Metro Selatan, yang menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, yaitu 42% dari jumlah siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiri. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 73,41 dengan persentase siswa aktif 50% (kategori cukup aktif). Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus II meningkat sebesar 8,29 sehingga menjadi 81,70. Terjadi peningkatan persentase sebesar 28,57% sehingga persentase siswa aktif pada siklus II mencapai 78,57% (kategori aktif). Nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,79 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 58,33% (kriteria sedang). Nilai hasil belajar pada siklus II meningkat sebesar 10,57 sehingga menjadi 77,36. Terjadi peningkatan persentase ketuntasan siswa sebesar 27,38%, sehingga ketuntasan siswa pada siklus II mencapai 85,71% (kriteria sangat tinggi). Kata kunci : aktivitas, hasil belajar siswa, metode inkuiri.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 5662925 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 08:54 |
Terakhir diubah: | 21 Apr 2015 08:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8722 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |