Riko, Alfani (2024) EFEKTIVITAS LKPD SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK RIKO ALFANI - riko alfani.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL SKRIPSI RIKO ALFANI - riko alfani.pdf Restricted to Hanya staf Download (2728Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN RIKO ALFANI - riko alfani.pdf Download (1952Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD sifat koligatif larutan berbasis discovery learning pada pembelajaran online untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA SMA Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling Sampel dari penelitian ini yaitu kelas kontrol adalah kelas XII IPA 6 dan kelas eksperimen adalah kelas XII IPA 7. Desain dalam penelitian ini yaitu pretest - postest control group design. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan proses sains peserta didik pada kelas yang pembelajarannya menggunakan LKPD berbasis discovery learning sebesar 0,7 dengan kategori tinggi sedangkan pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 0,5 dengan kategori sedang; rata-rata n-gain kelas yang pembelajarannya menggunakan LKPD berbasis discovery learning dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional berbeda secara signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah LKPD berbasis discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi sifat koligatif larutan yang dilaksanakan pada pembelajaran online. Kata kunci: LKPD berbasis discovery learning, sifat koligatif larutan, keterampilan proses sains
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 19 May 2025 03:14 |
Terakhir diubah: | 19 May 2025 03:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87229 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |