Fenti Panca Rahayu, 1313093038 (2015) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASI BELAJAR SISWA KELAS II A SD NEGERI 7 METRO PUSAT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (243Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (361Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (421Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASI BELAJAR SISWA KELAS II A SD NEGERI 7 METRO PUSAT Oleh FENTI PANCA RAHAYU Penelitian dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran di kelas II A SD Negeri 7 Metro Pusat belum dilaksanakan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, yang ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa hanya sebesar 40 % dari 24 siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini adalah Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I mencapai 43,75% kualifikasi “Cukup Aktif” menjadi 56,25% kualifikasi “Aktif” pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I mencapai 53,38 berkategori “Mulai Berkembang (MB)” menjadi 70,05 kategori “Mulai Berkembang (MB)” di siklus II, kategori keterampilan siswa siklus I mencapai 53,38 berkategori “Terampil” menjadi 70,10 kategori “Terampil” pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 49,91% menjadi 74,99% pada siklus II. Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Kata kunci: pendekatan kontekstual, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 7434043 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 07:58 |
Terakhir diubah: | 21 Apr 2015 07:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8723 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |