KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM TAJUK RENCANA TRIBUN LAMPUNG EDISI APRIL 2024 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN OBSERVASI DI SMA

APRILIANI WIDYA , LUMINTANG (2025) KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM TAJUK RENCANA TRIBUN LAMPUNG EDISI APRIL 2024 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN OBSERVASI DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1449Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1304Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This study aims to describe spelling errors in the April 2024 edition of Tribun Lampung's editorial plan and implicate the results of the study into the learning of observation report texts in high school. This research uses qualitative approach with descriptive method. The data source in this research is the April 2024 edition of Tribun Lampung's editorial plan and the data studied are spelling errors, namely the use of letters, words, and punctuation marks, as well as errors in the surface tactics category, namely errors of omission, addition, formation, and arrangement. The data collection techniques in this study were reading and note-taking techniques. The interactive data analysis technique was chosen by the researcher in analyzing the research data. The instruments in this research are human instruments and indicators in Indonesian spelling. Ejaan yang Disempurnakan (EYD) edition V year 2022 is used as a guideline in knowing the spelling errors contained in the April 2024 edition of Tribun Lampung editorial plan. Based on the results of research on the April 2024 edition of the Lampung Tribune editorial plan, there are 126 spelling errors containing errors in the use of letters, words, and punctuation, and the taxonomy of surface tactics contains errors of omission, addition, and formation. The results of this research on spelling errors in the April 2024 edition of the Lampung Tribune editorial plan can be applied as a medium for learning Indonesian, and can improve students' language skills in meeting the learning outcomes (CP) of the writing element. Therefore, researchers make teaching tools in the form of teaching modules for the E phase of class X odd semester with the Merdeka Curriculum. Keywords: Spelling, Headlines, Lampung Tribune, Learning Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan dalam tajuk rencana Tribun Lampung edisi April 2024 dan mengimplikasikan hasil penelitian ke dalam pembelajaran teks laporan observasi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tajuk rencana Tribun Lampung edisi April 2024 dan data yang diteliti ialah kesalahan penggunaan ejaan, yaitu penggunaan huruf, kata, dan tanda baca, serta kesalahan kategori siasat permukaan, yaitu kesalahan penghilangan, penambahan, pembentukan, dan penyusunan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu teknik baca dan catat. Teknik analisis data interaktif dipilih oleh peneliti dalam menganalisis data penelitian. Instrumen pada penelitian ini adalah human instrument dan indikator dalam ejaan bahasa Indonesia. Ejaan yang Disempurnakan (EYD) edisi V tahun 2022 dijadikan sebagai pedoman dalam mengetahui kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat pada tajuk rencana Tribun Lampung edisi April 2024. Berdasarkan hasil penelitian pada tajuk rencana Tribun Lampung edisi April 2024 terdapat kesalahan ejaan sebanyak 126 data berisi kesalahan penggunaan huruf, kata, dan tanda baca, serta taksonomi siasat permukaan berisi kesalahan penghilangan, penambahan, dan pembentukan. Hasil penelitian mengenai kesalahan ejaan pada tajuk rencana Tribun Lampung edisi April 2024 ini dapat diimplikasikan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia, dan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik dalam memenuhi capaian pembelajaran (CP) elemen menulis. Oleh karena itu, peneliti membuat perangkat ajar berbentuk modul ajar fase E kelas X semester ganjil dengan Kurikulum Merdeka. Kata Kunci: Ejaan, Tajuk Rencana, Tribun Lampung, Pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308704187 . Digilib
Date Deposited: 21 May 2025 03:59
Terakhir diubah: 21 May 2025 03:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87296

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir