Thanistia Bintara , Putri (2025) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP PESERTA DIDIK TERHADAP MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1835Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1467Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dan sikap peserta didik terhadap mata pelajaran ekonomi serta kurangnya penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Case Method (CM) dan Team Based Project (TBP) dengan memperhatikan sikap peserta didik terhadap mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 67 peserta didik dengan jumlah populasi sebanyak 166 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara, angket (kuisoner), eksperimen, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus ANAVA Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis data menunjukan (1) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Case Method dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Team Based Project. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi peserta didik yang memiliki sikap positif dan sikap negatif terhadap mata pelajaran ekonomi. (3) Rata-rata hasil belajar peserta didik yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model Case Method lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Team Based Project. (4) Rata-rata hasil belajar peserta didik yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembalajaran Team Based Project lebih tinggi dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Case Method. (5) Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran kolaboratif dengan sikap peserta didik terhadap mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Case Method, Hasil Belajar, Sikap Peserta Didik, Team Based Project This research is motivated by the low learning outcomes and students’ attitudes towards the economics subject, as well as the lack of application of appropriate learning models in economics teaching. The purpose of this study is to determine the effectiveness of students’ learning outcomes using the Case Method (CM) and Team Based Project (TBP) learning models by considering students’ attitudes towards the economics subject. The research method used is a comparative method with an experimental approach. The sample consisted of 67 students from a total population of 166 students. The sampling technique used was Cluster Random Sampling. Data collection techniques included observation, documentation, interviews, questionnaires, experiments, and tests. The hypothesis testing was conducted using Two-Way ANOVA and Independent Samples t-Test. The results of data analysis showed that: (1) There is a difference in the average economics learning outcomes between students taught using the Case Method and those taught using the Team Based Project model. (2) There is a difference in economics learning outcomes between students who have positive and negative attitudes towards the subject. (3) The average learning outcomes of students with a positive attitude towards economics who were taught using the Case Method are higher than those taught using the Team Based Project model. (4) The average learning outcomes of students with a negative attitude towards economics who were taught using the Team Based Project model are higher than those taught using the Case Method. (5) There is an interaction between the use of collaborative learning models and students’ attitudes towards the economics subject. Keywords : Case Method, Learning Outcomes, Student Attitudes, Team Based Project
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308883680 . Digilib |
Date Deposited: | 21 May 2025 07:14 |
Terakhir diubah: | 21 May 2025 07:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87299 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |