Naklah , Fadhila (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK NAKLAH FADHILA - Naklah Fadhila.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_NAKLAH FADHILA - Naklah Fadhila.pdf Restricted to Hanya staf Download (1441Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_Naklah Fadhilaa - Naklah Fadhila.pdf Download (1390Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based lerning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan selfefficacy peserta didik kelas X di SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung yang berjumlah 306 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data kemampuan literasi sains diperoleh dari pretest dan posttest dan data self-efficacy diperoleh melalui angket. Kemampuan literasi sains dianalisis dengan uji independent sample t-test, sedangkan skala self-efficacy dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model PBL terhadap literasi sains peserta didik di kelas eksperimen pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Indikator kompetensi yang paling berkembang yaitu menafsirkan data dan bukti ilmiah dengan kriteria tinggi, sedangkan indikator yang kurang berkembang yaitu mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah dengan kriteria sedang. Kemudian, hasil penilaian diri self-efficacy juga menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap self-efficacy peserta didik dengan kriteria tinggi. Self-efficacy tertinggi terdapat pada dimensi strenght dengan kriteria tinggi, sedangkan self-efficacy terendah terdapat pada dimensi level dengan kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan peningkatan self-efficacy peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Sains, Perubahan Lingkungan Self-efficacy
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 20 May 2025 06:12 |
Terakhir diubah: | 20 May 2025 06:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87326 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |