IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI COMMUNITY LEARNING CENTER ALYAKIN TAMAN NASALIM SANDAKAN, MALAYSIA

Najwa , Trisaqina Yuan (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI COMMUNITY LEARNING CENTER ALYAKIN TAMAN NASALIM SANDAKAN, MALAYSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (14Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (13Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan Pancasila memiliki peran strategis dalam menanamkan nilainilai kebangsaan dan memperkuat identitas nasional, terutama bagi anak-anak Indonesia yang tinggal di luar negeri. Keberadaan Community Learning Center (CLC) di luar negeri menjadi sarana penting dalam menjembatani pendidikan formal, termasuk dalam pengajaran Pendidikan Pancasila. CLC Alyakin Taman Nasalim, Sandakan, Malaysia merupakan salah satu pusat pendidikan bagi anakanak migran Indonesia yang menghadirkan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan kurikulum nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila di Community Learning Center (CLC) Alyakin Taman Nasalim Sandakan, Malaysia. Fokus penelitian mencakup penerapan tujuh komponen kurikulum Indonesia dan strategi pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-struktur, observasi non partisipasi di kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Community Learning Center Alyakin Taman Nasalim Sandakan, Malaysia menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan tenaga pendidik, kurangnya kualitas dan kuantitas penyediaan modul ajar Pendidikan Pancasila, keterlambatan dalam mengakses pendidikan, dan keterbatasan fasilitas pendidikan. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Pancasila, Daerah Perbatasan IndoMalay, Imigran Indonesia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: 2308092024 . Digilib
Date Deposited: 21 May 2025 07:49
Terakhir diubah: 21 May 2025 07:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87329

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir