PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

VIVIA FEBBRILIAN, AGRIFINA (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI Vivia Febbrilian Agrifina.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL Vivia Febbrilian Agrifina.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1868Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN Vivia Febbrilian Agrifina.pdf

Download (1913Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini ialah rendahnya pemahaman konsep bangun ruang pada peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis flipbook terhadap pemahaman konsep bangun ruang peserta didik kelas V SD Negeri 2 Way Halim Permai. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experimental non-equivalent control group design. Populasi berjumlah 76 peserta didik, pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 52 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil pengujian hipotesis dengan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai thitung > ttabel yakni 8,696 > 2,056 yang menunjukkan adanya pengaruh antar variabel serta diperoleh nilai R square sebesar 0,744 yang berarti bahwa 74,4% variabel pemahaman konsep materi bangun ruang matematika dipengaruhi oleh penggunaan media flipbook. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji independent sample t-Test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,049 > 2,009. Hasil uji hipotesis ini membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media flipbook terhadap pemahaman konsep bangun ruang, serta terdapat perbedaan signifikan dalam pemahaman konsep bangun ruang pada peserta didik kelompok eksperimen yang diberi perlakuan media flipbook dengan peserta didik kelompok kontrol pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 2 Way Halim Permai.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308649578 . Digilib
Date Deposited: 22 May 2025 07:26
Terakhir diubah: 22 May 2025 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87381

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir