Siti , Annisa Nurjanah (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI SDGs. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Siti Annisa Nurjanah.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Siti Annisa Nurjanah.pdf Restricted to Hanya staf Download (1883Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Siti Annisa Nurjanah.pdf Download (1468Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis kolaborasi peserta didik, dengan rata-rata N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,52 (sedang), lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,24 (rendah). Dilakukan juga uji pengaruh (Effect Size) yang menunjukkan nilai 1,9 (berpikir kritis) dengan interpretasi efektivitas besar. Hasil perhitungan keterampilan kolaborasi kelompok eksperimen juga mendapatkan rata-rata 79,4 dengan kategori baik, hasil ini memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 56,6 dengan kategori kurang. Hasil perhitungan N-Gain keterampilan kolaborasi peserta didik menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperolah rata-rata N-Gain sebesar 0,47 yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol sebesar 0,14. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan kolaborasi peserta didik dengan nilai signifikasni sebesar 0,006. Dengan demikian pembelajaran dengan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan terdapat perbedaan pada keterampilan kolaborasi peserta didik serta terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Kolaborasi, SDGs
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:48 |
Terakhir diubah: | 21 May 2025 02:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87407 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |