PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI SDGs

Siti , Annisa Nurjanah (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI SDGs. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Siti Annisa Nurjanah.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Siti Annisa Nurjanah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1883Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Siti Annisa Nurjanah.pdf

Download (1468Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis kolaborasi peserta didik, dengan rata-rata N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,52 (sedang), lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,24 (rendah). Dilakukan juga uji pengaruh (Effect Size) yang menunjukkan nilai 1,9 (berpikir kritis) dengan interpretasi efektivitas besar. Hasil perhitungan keterampilan kolaborasi kelompok eksperimen juga mendapatkan rata-rata 79,4 dengan kategori baik, hasil ini memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 56,6 dengan kategori kurang. Hasil perhitungan N-Gain keterampilan kolaborasi peserta didik menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperolah rata-rata N-Gain sebesar 0,47 yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol sebesar 0,14. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan kolaborasi peserta didik dengan nilai signifikasni sebesar 0,006. Dengan demikian pembelajaran dengan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan terdapat perbedaan pada keterampilan kolaborasi peserta didik serta terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Kolaborasi, SDGs

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 May 2025 02:48
Terakhir diubah: 21 May 2025 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87407

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir