DEWI , NYAMIATUL FATIMAH (2025) PERAN MEDIA SCHOOLOGY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI TAHUN 2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2448Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2029Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran schoology dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam mata pelajaran Geografi di kelas X SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media schoology dan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan tes pemahaman konsep yang meliputi indikator motivasi belajar dan kognitif pemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test untuk menilai perbedaan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pemahaman konsep peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan media schoology dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen mencapai 70,99, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 68,79, dengan nilai signifikansi sebesar 0,034 (<0,05). Penggunaan media schoology memberikan efek positif terhadap pemahaman konsep peserta didik, terutama dalam memahami fenomena geosfer, atmosfer, dan hubungan antar-komponen geosfer. Selain itu, peserta didik dengan motivasi belajar yang tinggi di kelas eksperimen menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam dibandingkan peserta didik dengan motivasi belajar yang lebih rendah, yang mendorong keaktifan peserta didik. Penerapan media schoology efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran Geografi, terutama di kelas dengan motivasi belajar yang tinggi. Oleh karena itu, media ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran berbasis teknologi yang mendukung keterlibatan aktif siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata kunci: media schoology, motivasi belajar, pemahaman konsep geografi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308108303 . Digilib |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:40 |
Terakhir diubah: | 23 May 2025 03:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87433 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |