STUDI PERBANDINGAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN DITINJAU DARI TINGKAT RASIONALITAS KONSUMSI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) DENGAN MAHASISWAPROGRAM STUDI S1AKUNTANSIFAKULTASEKONOMIDANBISNIS(FEB) UNIVERSITAS LAMPUNG

RANI , ARUM PUJI SUSANTI (2025) STUDI PERBANDINGAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN DITINJAU DARI TINGKAT RASIONALITAS KONSUMSI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) DENGAN MAHASISWAPROGRAM STUDI S1AKUNTANSIFAKULTASEKONOMIDANBISNIS(FEB) UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (212Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3189Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2547Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rasionalitas dalam berkonsumsi diperlukan oleh setiap individu. Tingkat rasionalitas konsumsi individu dipengaruhi oleh tingkat literasi keuangan. Literasi keuangan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah terdapat perbedaan tingkat literasi keuangan ditinjau dari tingkat rasionalitas konsumsin antara mahasiswa program studi S1 Pendidikan Ekonomi dan mahasiswa program studi S1 Akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode komparatif survei dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian mencakup mahasiswa angkatan 2021 program studi S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Akuntansi. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan rumus slovin dan diperoleh sebanyak 141 sampel. Teknik pengambilan sampelnya sendiri menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi non partisipatif, kuesioner, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi primer. Uji hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan tingkat literasi keuangan ditinjau dari tingkat rasionalitas konsumsi baik tinggi, sedang, maupun rendah antara mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Akuntansi dengan mahasiswa S1 Akuntansi yang lebih tinggi tingkat literasi keuangannya. Kata kunci: Tingkat Literasi Keuangan, Tingkat Rasionalitas Konsumsi, Pendidikan Ekonomi, S1 Akuntansi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2308644734 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 03:38
Terakhir diubah: 23 May 2025 03:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87437

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir