PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN

Nia Kartika, Sari (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1556Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1608Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun kelompok B TK Tunas Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan pendekatan one group preeksperimen and posteksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Populasi penelitian berjumlah 27 orang anak kelompok B, dan jumlah sampel sebanyak 15 orang anak yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,001<0,05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.Kata Kunci : Kemampuan berhitung, media audio visual. The problem addressed in this study is the low numeracy skills of children aged 5–6 years in Group B at TK Tunas Mandiri. This research aims to analyze the effect of using audio-visual learning media on the numeracy skills of early childhood learners. The study employed a quantitative approach with a one-group pretest-posttest experimental design. Data were collected through observation. The population consisted of 27 children, and a sample of 15 children was selected using purposive sampling. The data were analyzed using the Wilcoxon test. The hypothesis testing results showed a significance value (Sig. 2-tailed) of 0.001<0.05, indicating a significant effect of audio visual learning media on improving the numeracy skills of children aged 5–6 years. Keywords: Numeracy skills, audio visual media.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2308809599 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 04:09
Terakhir diubah: 23 May 2025 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87471

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir