KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI MODEL OBAK DITINJAU BERDASARKAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF

ANNISA ASYAFA, PUTRI SADEWI (2025) KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI MODEL OBAK DITINJAU BERDASARKAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP), UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI DIGILIB.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1935Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1184Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui implementasi model pembelajaran OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) ditinjau berdasarkan asesmen diagnostik kognitif. Peserta didik diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: paham utuh, paham sebagian, dan tidak paham. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan sampel sebanyak 44 peserta didik kelas VIII SMPN 2 Terbanggi Besar yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data penelitian meliputi hasil pretest-posttest, nilai N-gain, dan tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain tertinggi pada kelompok paham utuh (0,74/kategori tinggi), diikuti kelompok paham sebagian (0,56/kategori sedang), dan kelompok tidak paham (0,3/kategori rendah). Hasil uji ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada masing-masing kelompok (Sig.0,00 < 0,05), yang diperkuat oleh hasil uji BNT (Sig. 0,00 < 0,05). Tanggapan peserta didik terhadap model OBAK menunjukkan keterlibatan yang baik dalam proses pembelajaran tanpa kecenderungan sikap positif maupun negatif yang dominan. Kata Kunci: Asesmen Diagnostik Kognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, Model OBAK

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308334307 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 04:18
Terakhir diubah: 23 May 2025 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87478

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir