Rika , Ariyandini (2025) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKL SMKN 1 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (260Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2837Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2598Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meneliti ada/tidak perbedaan hasil belajar dasardasar akuntansi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation dengan Teams Game Tournament serta interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar dasar-dasar akuntansi. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif dengan desain faktorial 2×2. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling berjumlah 70 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan T-Test Dua Sampel Independen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dasar-dasar akuntansi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation dengan Teams Game Tournament, terdapat perbedaan hasil belajar dasar-dasar akuntansi antara siswa motivasi belajar tinggi dan rendah, rata-rata hasil belajar dasar-dasar akuntansi menggunakan model Teams Game Tournament lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan Group Investigation pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, serta ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar dasar-dasar akuntansi. Kata Kunci : Group Investigation, Hasil Belajar Dasar-dasar Akuntansi, Motivasi Belajar Siswa, Teams Games Tournament. This research was motivated by the low learning outcomes and students motivation. The purpose of this study was to examine whether or not there were differences in the learning outcomes of accounting basics of students whose learning used the Group Investigation model with Teams Game Tournament and the interaction between learning models with learning motivation on learning outcomes of accounting basics. The research method was conducted using an experimental method with a comparative approach with a 2×2 factorial design. The sampling technique used was simple random sampling totaling 70 students. Data collection using observation, interviews, documentation, tests, and questionnaires. Hypothesis testing using Two-Way Anava and Two Independent Samples T-Test. The results of this study prove that there are differences in the learning outcomes of the basics of accounting of students whose learning uses the Group Investigation model with Teams Game Tournament, there are differences in the learning outcomes of the basics of accounting between students with high and low learning motivation, the average learning outcomes of the basics of accounting using the Teams Game Tournament model are higher than those learning using Group Investigation in students who have high learning motivation and low learning motivation, and there is an interaction between learning models with learning motivation on the learning outcomes of the basics of accounting. Keywords: Basic Accounting Learning Outcomes, Group Investigation, Student Learning Motivation, Teams Game Tournament
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308184954 . Digilib |
Date Deposited: | 23 May 2025 04:35 |
Terakhir diubah: | 23 May 2025 04:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87526 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |