PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Uning, Hafifah (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF (anyone)
Abstrak_UningHafifah.pdf

Download (426Kb) | Preview
[img] File PDF (Registered staff only)
Skripsi full Tanpa Lampiran.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1330Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (anyone)
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1269Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Serdang yang berpengaruh terhadap hasil belajar khususnya pendidikan Pancasila karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di sekolah dasar pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan metode debat. Metode penelitian ini adalah quasi experimen group design dengan bentuk yang digunakan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 70 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu 50 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan rumus uji regresi linier sederhana dengan hasil 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode debat terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan Pancasila peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Serdang. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, metode debat, pendidikan pancasila.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308353290 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 04:58
Terakhir diubah: 23 May 2025 04:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87551

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir