KECERDASAN EMOSIONAL GURU (STUDI KASUS DI GUGUS RA KARTINI METRO TIMUR)

Erma , Titis Nikmah (2025) KECERDASAN EMOSIONAL GURU (STUDI KASUS DI GUGUS RA KARTINI METRO TIMUR). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2405Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2037Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peneliti memperoleh informasi dari beberapa SD ternyata terdapat beberapa guru yang belum memahami tentang kecerdasan emosional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional guru di Gugus RA Kartini Metro Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci penelitian yaitu guru dan informan pendukung yaitu siswa dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini adalah kesadaran diri (self-awareness) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur sudah baik dan memiliki pola yang serupa meskipun dengan pendekatan yang bervariasi, Pengaturan diri (self-regulation) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur dapat dikatakan sudah baik dimana terlihat dari strategi yang digunakan untuk mengelola emosi negatif, Motivasi (motivation) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur belum sepenuhnya memiliki motivasi untuk memperbaiki mutu pembelajaran, Empati (empathy) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur telah berupaya menerapkan empati dalam interaksi dengan siswa, Keterampilan sosial (social skill) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur dalam aspek kecerdasan emosional, guru menujukkan kemampuan menganalisis hubungan antar siswa yang dilakukan saat membagi siswa dalam kelompok. Selain itu guru juga terampil dalam menyelesaikan konflik dimana menjadi mediator yang netral saat terjadi perselisihan antar siswa. Kata kunci : Guru, Kecerdasan emosional.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308222435 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 08:54
Terakhir diubah: 23 May 2025 08:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87607

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir