PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

ROSA, AMANDA PUTRI (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (206Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3717Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2138Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan instrumen AfL berbasis masalah untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Instrumen ini dikembangkan mengacu pada indikator berpikir kritis menurut Ennis (1996), yaitu elementary clarification, advanced clarification, strategy and tactics, dan inference. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model 4D dari Thiagarajan (1974), yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Validitas produk dilakukan oleh dua ahli dan satu praktisi untuk menilai aspek konstruk, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validitas teoritik diperoleh sebesar 87.40% dengan kategori sangat valid. Kemudian dilakukan uji validitas empirik menggunakan model rasch yang menunjukkan indikator pengamatan dinyatakan valid. Instrumen AfL ini memiliki reliabilitas yang cukup dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0.76. Uji kepraktisan menunjukkan skor rata-rata sebesar 90.16% dengan kategori sangat tinggi. Hasil analisis statistik deskriptif menyatakan instrumen AfL berbasis masalah efektif untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, instrumen AfL yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan sebagai alat ukur yang valid, reliabel, praktis dan efektif. Kata kunci: Assessment for Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemanasan Global, Pembelajaran Berbasis Masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308340387 . Digilib
Date Deposited: 26 May 2025 08:19
Terakhir diubah: 26 May 2025 08:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87720

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir