REVI, MARISKA (2025) ANALISIS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK REVI MARISKA 2025.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi Full_Revi Mariska...pdf Restricted to Hanya staf Download (1626Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan_Revi Mariska....pdf Download (1463Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di SD Kristen BPK Penabur Metro. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara purposive sampling. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, petugas perpustakaan, pendidik, peserta didik, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan perpustakaan sudag berjalan dengan baik yang bisa dilihat dari adanya sarana, pemeliharaan dan perawatan, dan koleksi buku, meskipun untuk koleksi buku nonfiksi sendiri belum mencapai persentase ideal, (2) pemanfaatan perpustakaan sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari jam buka layanan, frekuensi kunjungan, jeni buku yang paling banyak dimanfaatkan, akses peminjaman yang ditawarkan, dan adanya pojok baca disetiap kelas yang mendukung, (3) peran pendidik dalam pemanfaatan perpustakaan sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari strategi dan tindakan pendidik dalam memotivasi peserta didik dalam pemanfaatan perpustakaan (4) upaya kepala sekolah dalam melengkapi fasilitas perpustakaan sekolah yaitu dengan mengusulkan sumber pendanaan ke yayasan untuk pembelian buku, rak, meja, dan komputer, serta melakukan inventarisasi dan perbaikan sarana perpustakaan yang rusak dan penyediaan ruangan perpustakaan sekolah yang nyaman, (5) faktor penghambat dan pendukung dari penggunaan perpustakaan paling banyak dijumpai pada faktor eksternal yaitu kurang luasnya bangunan perpustakaan dan terbatasnya waktu kunjungan sebagai faktor penghambat dan buku yang bervariasi serta antusias peserta didik sebagai faktor pendukung. Kata kunci: pemanfaatan, perpustakaan, sumber belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308199033 . Digilib |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:14 |
Terakhir diubah: | 27 May 2025 03:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87729 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |