NADA , NADIDAH (2024) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE THINKING PESERTA DIDIK PADA TOPIK GLOBAL WARMING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_NADA NADIDAH_2013022035 - Nada Nadidah.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL SKRIPSI_NADA NADIDAH_2013022035 - Nada Nadidah.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TANPA BAB PEMBAHASAN_NADA NADIDAH_2013022035 - Nada Nadidah.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan membandingkan peningkatan kemampuan Creative Thinking peserta didik dalam konteks pembelajaran PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking pada topik Global Warming. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pesawaran menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar tes soal uraian. Pembelajaran dengan menerapkan model PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking dapat meningkatkan kemampuan Creative Thinking peserta didik. Peningkatan ini ditunjukan oleh hasil rata-rata pretest sebesar 37,5 yang meningkat menjadi 80,0 pada posttest setelah implementasi metode tersebut. Hal ini juga didukung dengan data perolehan dari uji Independent Sample T-Test dan uji Analysis of Covariance diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000, menunjukkan perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan Creative Thinking peserta didik menggunakan PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking. Uji beda rata-rata N-gain memperkuat temuan ini, antara kelas yang menggunakan PBL berbasis STEM sebesar 0,42 (kategori sedang), berbanding dengan kelas yang menggunakan metode konvensional dengan rata-rata N-gain sebesar 0,24 (kategori rendah). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran PBL berbasis STEM dengan strategi Design Thinking memiliki peningkatan kemampuan Creative Thinking yang lebih signifikan berbanding dengan kelas yang menggunakan model Direct Instruction dengan metode konvensional pada topik Global Warming. Kata kunci: PBL, STEM, Design Thinking, Creative Thinking
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 28 May 2025 03:23 |
Terakhir diubah: | 28 May 2025 03:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87799 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |