RULLY , HERWINDO (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2555Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1506Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media interaktif dalam pembelajaran jigsaw yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menggunakan desaian model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evalution). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Lampung Selatan kelas IX semester ganjil pada Tahun pelajaran 2024/2025 pemahaman konsep mateamtis materi kubus dan balok. Teknik pengembilan data melalui, wawancara, angket, Lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan statistik melalui uji t sampel independent tes. Berdasarkan hasil penelitian produk yang telah dikembangkan menunjukkan kriteria valid melalui validasi ahli materi dan media. Hasil kepraktisan media oleh siswa mencapai 0,86, dan hasil kepraktisan media dari salah satu guru matematika mencapai 0,90. Dari kedua hasil uji keparaktisan media tesebut menenujukan kreteria sangat praktis. Hasi uji-t menunjukkan Sig. < 0,05, yang berarti H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya hasil proporsi tes menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematais siswa dengan ketercapaian lebih dari 60%. Hal ini berarti proporsi peserta didik yang menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki kemampuan pemahaman konsep terkategori baik sama dengan 60% dari jumlah peserta didik pada kelas tersebut. Kesimpulan media pembelajan interaktif degan model pembelajaran jigsaw efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mateamtis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Meningkatkan, Pemahaman Konsep, Pengembangan Media Interkatif , Model Pembelajaran Jigsaw. iii
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2308768183 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 08:01 |
Terakhir diubah: | 02 Jun 2025 08:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87891 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |