KORELASI ANTARA KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN KEMAMPUAN ADAPTASI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 LIMAU

Siti, Rahmawati (2025) KORELASI ANTARA KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN KEMAMPUAN ADAPTASI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 LIMAU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3636Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3477Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan adaptasi peserta didik di lingkungan sekolah baru berpengaruh terhadap keberhasilan belajar. Ketidakmampuan beradaptasi dapat menyebabkan kecemasan, stres, dan rendahnya motivasi. Keterampilan sosial menjadi faktor penting dalam mendukung adaptasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengkaji korelasi antara keterampilan sosial dan kemampuan adaptasi peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Limau. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Responden berjumlah 92 peserta didik, dengan pengumpulan data melalui angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara keterampilan sosial dan kemampuan adaptasi dengan koefisien korelasi 0,618, yang menunjukkan hubungan kuat. Indikator keterampilan sosial yang paling berpengaruh adalah perilaku interpersonal (48,91%), yaitu kemampuan peserta didik berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sebaya maupun pendidik, meskipun masih perlu ditingkatkan. Sementara itu, indikator utama dalam kemampuan adaptasi adalah kelekatan dengan sekolah/institusi (75%), yang mencerminkan kenyamanan, keterlibatan, dan hubungan positif peserta didik dengan lingkungan sekolah, sehingga mempermudah mereka menyesuaikan diri secara akademik, sosial, dan emosional. Hubungan positif dan signifikan ini menunjukkan bahwa keterampilan sosial yang baik memungkinkan peserta didik membangun interaksi positif, memperoleh dukungan sosial, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam beradaptasi. Dengan demikian, pengembangan keterampilan sosial, terutama dalam perilaku interpersonal, menjadi kunci dalam meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik. Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Kemampuan Adaptasi, Peserta Didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: 2308775529 . Digilib
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:22
Terakhir diubah: 04 Jun 2025 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88018

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir