PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SMA NEGERI 1 PRINGSEWU

SALSABILLA, MAHARANI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SMA NEGERI 1 PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_SALSABILLA MAHARANI.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_SALSABILLA MAHARANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3932Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 & LAMPIRAN_SALSABILLA MAHARANI_.pdf

Download (3238Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik kelas X pada materi perubahan iklim SMA Negeri 1 pringsewu. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling, terdiri dari 36 peserta didik kelas kelas X.E1 (eksperimen) dan 36 peserta didik kelas X.E2 (kontrol). Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dari tes (keterampilan berpikir kritis) dan data kualitatif dari lembar observasi keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik, dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,76 termasuk kategori tinggi, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,51 termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan keterampilan kolaborasi kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 89,24 dengan kategori sangat baik, hasil ini memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 83,69. Uji pengaruh (Effect size) untuk mengetahui seberapa besar efek yang terjadi dalam sebuah penelitian, menunjukkan nilai 0,847 (berpikir kritis) dengan interpretasi pengaruh bernilai besar. Dengan demikian, model PBL berpengaruh signifikan tehadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan iklim. Kata kunci: Problem-Based Learning, Berpikir Kritis, Kolaborasi, Perubahan Iklim

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308850381 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:10
Terakhir diubah: 05 Jun 2025 08:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88127

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir