PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUATIONAL, SUPERVISI AKADEMIK, DAN ACADEMIC LEADERSHIP TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SD NEGERI DI KABUPATEN TANGGAMUS

AYU , OKTARINA (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUATIONAL, SUPERVISI AKADEMIK, DAN ACADEMIC LEADERSHIP TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN SD NEGERI DI KABUPATEN TANGGAMUS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (177Kb) | Preview
[img] File PDF
2.TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2762Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3.TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2227Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepemimpinan situational kepala sekolah, supervisi akademik dan academic leadership terhadap kualitas pembelajaran SD Negeri di Kabupaten Tanggamus secara simultan terhadap kualitas pembelajaran. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto, dengan mengambil sampel 350 guru SD Negeri di Kabupaten Tanggamus. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat regresi yaitu uji normalitas, heterokedastisitas, multikolinieritas dan linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan situational kepala sekolah terhadap kualitas pembelajaran, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik terhadap kualitas pembelajaran, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan academic leadership terhadap kualitas pembelajaran, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan situational, supervisi akademik dan academic leadership terhadap kualitas pembelajaran. Kata Kunci: academic leadership, kepemimpinan situational, kualitas pembelajaran, supervisi akademik

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 2308649725 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:10
Terakhir diubah: 12 Jun 2025 03:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88129

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir