PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

ADELBERTUS , GADING ANANTA PUTRA (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (257Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1645Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1435Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Bandar Jaya dengan sampel kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel 40 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh dan perbedaan signifikan penggunaan model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dibandingkan pembelajaran yang menggunakan model PBL, dengan thitung > ttabel, yaitu 2,837 > 2,086. (uji-t posttest). Implikasi dari penelitian ini adalah model discovery learning dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Kata kunci: kemampuan literasi sains, model discovery learning, sekolah dasar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301757953 . Digilib
Date Deposited: 10 Jun 2025 04:09
Terakhir diubah: 10 Jun 2025 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88157

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir