DIPLOMASI KOMERSIAL DALAM MENDORONG EKSPOR KOMODITAS REMPAH-REMPAH INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT TAHUN 2017-2021

Bunga , Adilliana (2024) DIPLOMASI KOMERSIAL DALAM MENDORONG EKSPOR KOMODITAS REMPAH-REMPAH INDONESIA KE AMERIKA SERIKAT TAHUN 2017-2021. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - BUNGA ADILLIANA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL -BUNGA ADILLIANA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2523Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - BUNGA ADILLIANA.pdf

Download (2014Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kegiatan ekspor merupakan kegiatan yang sangat diperhatikan pada pengembangan perekonomian negara. Indonesia dengan kekayaan sumber daya alam akan rempah-rempahnya dapat menjadikan komoditas tersebut sebagai peluang untuk meningkatkan perekonomian negara. Akan tetapi isu yang dihadapi Indonesia terkait ekspor komoditas rempah-rempah ke Amerika Serikat adalah ketidakmampuan untuk memanfaatkan potensi pasar yang besar. Meskipun Amerika Serikat merupakan salah satu negara pengimpor rempah terbesar di dunia, dan Indonesia juga termasuk negara penghasil rempah terbesar ke-4 di dunia, Indonesia masih belum berhasil memperoleh pangsa pasar yang signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara detail tentang topik yang diteliti. Metode ini mengedepankan penyajian deskriptif atas fenomena yang diamati. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan dilengkapi dengan teknik triangulasi data, pengumpulan dari berbagai sumber untuk memastikan keakuratan dan keberagaman data yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memahami fenomena dengan lebih baik melalui analisis yang komprehensif dan mendalam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia telah menerapkan berbagai aktivitas diplomasi komersial dalam mendorong ekspor rempah-rempah yaitu mencakup promosi perdagangan, advokasi bisnis, dan promosi pariwisata, promosi investasi, dan promosi investasi yang bertanggung jawab secara sosial sebagai bagian dari diplomasi komersial. Namun dari berbagai upaya pemerintah Indonesia tersebut pemerintah masih belum fokus pada aspek advokasi bisnis, promosi investasi, dan promosi investasi yang bertanggung jawab secara sosial dibuktikan dengan belum banyaknya kegiatan yang dilakukan pada aspek tersebut. Sehingga ke lima ekspresi diplomasi komersial tersebut belum mampu mendorong nilai ekspor rempah ke Amerika Serikat. Kata Kunci: Indonesia, Ekspor, Rempah-rempah, Diplomasi Komersial, Amerika Serikat Export activities are activities that are of great concern in the development of the country's economy. Indonesia, with its wealth of natural resources in spices, can use these commodities as an opportunity to improve the country's economy. However, the issue facing Indonesia regarding exports of spice commodities to the United States is the inability to exploit the large market potential. Even though the United States is one of the largest spice importing countries in the world, and Indonesia is also the 4th largest spice producing country in the world, Indonesia has still not succeeded in gaining a significant market share. This research uses a descriptive-qualitative approach, which aims to provide a detailed description of the topic under study. This method prioritizes descriptive presentation of observed phenomena. Data was collected through literature study and equipped with data triangulation techniques, collecting from various sources to ensure the accuracy and diversity of the data used in this research. This approach allows researchers to better understand phenomena through comprehensive and in-depth analysis. Research findings show that the Indonesian government has implemented various commercial diplomacy activities to encourage spice exports, including trade promotion, business advocacy, and tourism promotion, investment promotion, and socially responsible investment promotion as part of commercial diplomacy. However, from the various efforts of the Indonesian government, the government still does not focus on the aspects of business advocacy, investment promotion and socially responsible investment promotion, as evidenced by the fact that not many activities have been carried out in these aspects. So these five expressions of commercial diplomacy have not been able to increase the value of spice exports to the United States. Keywords: Indonesia, Export, Spices, Commercial Diplomacy, United States

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 Jun 2025 07:59
Terakhir diubah: 05 Jun 2025 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88179

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir