PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025)

RENI, AULIANA AMRI (2025) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1382Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1347Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning (GDL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 319 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas yaitu kelas VIII-A sampai VIII-J. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 32 siswa dan kelas VIII-B sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-A sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model GDL lebih tinggi dari peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model cooperative learning. Dengan demikian, model GDL berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, Guided Discovery Learning, penalaran matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301757633 . Digilib
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:09
Terakhir diubah: 11 Jun 2025 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88224

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir