Bilqis , Dwina Adinda (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METRONOME VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETEPATAN GERAK MENARI SISWA TUNARUNGU DI SLBN PKK PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1065Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (698Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metronome visual sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan ketepatan gerak menari siswa tunarungu. Objek penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan metronome visual. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu yang ada di SLBN PKK Provinsi Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Data dikumpulkan melalui uji praktik, adapun uji tes praktik meliputi pretest dan posttest. Pengolahan data kuantitatif menggunakan jenis eksperimen One-Group-Pretest-Posttest Design. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata (Mean). Hasil penelitian mengindikasikan adanya perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan nilai posttest. Perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest tersebut sebesar 0,12% sehingga terdapat perbedaan antara nilai pretest dan nilai posttest. Perbedaan tersebut dapat diamati melalui nilai signifikansi sebesar 0.000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai sig yang dimiliki 0.000 memiliki arti bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Keputusan ini berdasarkan keputusan uji Wilcoxon Signed Test yang menyatakan bahwa jika nilai sig. <0.05 maka terdapat perbedaan rata-rata. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan metronome terhadap peningkatan ketepatan gerak menari siswa tunarungu di SLBN PKK Provinsi Lampung. Kata kunci: metronome visual, ketepatan gerak menari, siswa tunarungu
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308470440 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:12 |
Terakhir diubah: | 12 Jun 2025 02:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88244 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |